Nikmati Liburan Seru dengan Mengunjungi Bangunan Bersejarah di Jakarta

Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Jakarta, salah satunya adalah berkunjung ke museum atau bangunan bersejarah di Jakarta yang menyimpan peninggalan sejarah. Ada banyak musiem yang terdapat di Jakarta, dua di antaranya adalah Museum Sejarah Jakarta dan Museum Nasional.

 

Museum Sejarah Jakarta

Bangunan yang memiliki nilai sejarah ini dibangun pada 1707 – 1710 atas perintah Gubernur Jenderal Johan Van Hoorn dengan tujuan menjadi gedung balaikota. Pada 1974, gedung yang terletak di Jl. Fatahillah No. 1 ini berubah fungsi menjadi Museum Sejarah Jakarta. Sesuai namanya, di museum ini pengunjung bisa mengetahui beragam rekaman sejarah berdirinya Kota Jakarta dari tahun 1527.

foto by :gastronomy-aficionado.com

foto by :gastronomy-aficionado.com

Museum Nasional

Museum Nasional merupakan bangunan yang didirikan oleh lembaga atau organisasi Ilmu Pengetahuan Bataviasche Genootschap van Kunsten en Wetenschappen tahun 1778. Museum Nasional merupakan museum terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah koleksi mencapai 140.000 benda bersejarah. Beberapa benda yang dikoleksi seperti arca dari zaman Kuno, prasasti, keramik, benda-benda pra sejarah seperti alat yang terbuat dari tulang, tanduk, kerang, dan batu.

 

Di depan Museum Nasional yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 20 ini terdapat patung gajah yang terbuat dari perunggu. Patung ini merupakan hadiah dari raja Thailand, Chulalongkorn dari Siam saat mengunjungi Batavia tahun 1871.
Selain Museum Sejarah Jakarta dan Museum Nasional, masih banyak bangunan bersejarah di Jakarta lainnya seperti Museum Bahari, Galangan Kapal VOC, Gedung Kesenian Jakarta, Museum Tekstil, Gedung Arsip Nasional, Gedung Joang 45, dll.

BANNER FREE MEMBER

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *