Terima kasih sudah meliput Berto Saksono JAti = )

http://indonesiayoungentrepreneurs.com/2013/09/12/bertolomeus-saksono-jati-think-out-box-by-do-action/

http://swa.co.id/listed-articles/merajut-bisnis-di-sepanjang-tebet-utara-dalam?mobile=on

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/strategi-pemasaran-online-untuk-perluas-pasar-3

Facebook : berto saksono jati

Follow me : @bertobloop

 

Halo Perkenalkan Nama saya : Berto Saksono JAti

Saya Lahir di Jakarta 29 September 1980

Saya anak ke – 2 dari 3 bersaudara .. Kakak : Martin Adik : Widyasari

Saya salah satu pendiri PT Endorsindo Makmur Selaras bersama kakak dan adik saya Martin dan Widyasari Kami telah membangun usaha ini selama 7 tahun, dengan kegagalan-kegagalan kami yang tak terhitung berapa banyak jumlahnya akhirnya kami berlabuh di usaha retail pakaian .Usaha itu kami namakan Bloop .

Awalnya saya berdua bersama kiki teman seperjuangan saya di kampus juga dalam bisnis. Hingga suatu saat kami memilih untuk jalan masing – masing dalam mengembangkan usaha . Bloop adalah cikal bakal saya dalam membangun bisnis, dan sekarang telah berkembang menjadi beberapa unit dan semua itu berada dalam naungan PT Endorsindo Makmur Selaras,

Saya telah  memiliki istri : Tiara Rantiny dan Puji Tuhan telah di karuniai putera yang lucu yang sangat menghibur saya ketika sedang down ..Putera kami bernama :Gavin Milano dan putri kami Chelsea London

Saya beserta istri

PT Endorsindo meliputi :

  • Bloop Store
  • Endorse Store
  • Urbie Stroe
  • Bloop Ak Inc
  • Rest Bebek Ginyo Tebet & Bintaro
  • Eat Happens

2016-07-24_21-17-14

Video Tour Jalan Jalan Ke Bloop Endorse

 

Perjalanan karir saya selama berbisinis :

Dan saya akan sharing pengalaman hidup saya ..Perjalanan hidup saya ini akan di sharing dengan di gabung  pengalaman saya mencontek jurus Robert Kiyosaki yaitu ” Increase Your Financial IQ “

Jurus ini banyak sekali merubah hidup saya.

Ada 5 kecerdasan Financial yang harus dimiliki seseorang untuk masuk ke dalam kelompok orang kaya ..yaitu 10 % orang yang menguasai 90 % uang didunia …

Jika kita lihat diluar sana ternyata banyak sekali orang Indoneia yang penghasilannya diatas 1 Milyar perbulan….Bisa ditebak mungkin Pak Tung Desem Waringin, Purdie Chandra, Pak Bob Sadino penghasilannya sudah diatas 1 M bahkan bisa lebih dari 3 M sebulan .

 

Saya kagum sekali dengan beliau-beliau tersebut .Dan saya bukanlah orang yang sudah sukses sekali . Kalau dibanding dengan beliau-beliau pasti masih jauh . Saya hanya tau caranya bagaimana mereka bisa sukses. Dan saya sekarang dalam perjalanan mencontek cara mereka menuju kebebasan Financial..

Dan Robert Kiyosaki dalam bukunya ” Increase Your Financial IQ ” mengupas secara detail bagaimana untuk masuk menjadi kelompok orang kaya . Doakan kawan-kawan semoga bisa seperti mereka juga..Aminnn hehehe…Adapun jurus tersebut adalah …
5 Kecerdasan Financial : ( bagaimana masuk dalam kelompok orang kaya )
IQ Keuangan #1 Menghasilkan Lebih Banyak Uang
IQ Keuangan #2 : Melindungi uang anda
IQ Keuangan #3 : MEnganggarkan uang anda
IQ Keuangan # 4 : Mengenakan Leverage atas uang anda
IQ Keuangan # 5 : Meningkatkan Informasi Keuangan Anda ..
Buku ini bagus sekali .. I like This ..

Itulah rahasia untuk masuk menjadi kelompok orang kaya..Dan saya ingin masuk dalam kelompok tersebut dengan mencontek 5 rahasia itu ..Mudah-mudahan doakan saja beberapa tahun lagi jika contekan saya dan action saya konsisten harusnya bisa masuk kelompok orang kaya.

Jika kawan-kawan mau ikuti juga saya yakin kawan-kawan harusnya sukses karena ini  sudah teruji di Amerika dan di dunia ..Inilah sharing yang sudah dan sedang saya jalankan sekarang .ada beberapa yang sudah lulus ada beberapa dalam proses =)..

Aplikasi : IQ Keuangan 1 : Menghasilkan Lebih Banyak Uang
Menurut Kiyosaki orang yang berpenghasilan $ 1 Juta setahun memiliki kecerdasan keuangan yang lebih tinggi dibanding orang yang berpenghasilan $300.000 setahun. Kiyosaki mengatakan sekali lagi bahwa yang membuat anda kaya adalah bukan uang anda akan tetapi kecerdasan keuangan anda-lah yang membuat anda kaya.
Sejak membaca buku ini terlintas di pikiran saya untuk segera mencari iklan seminar-seminar keuangan, kepemimpinan yang diselenggarakan oleh siapapun. Tujuan utama saya jelas, bagaimana saya meningkatkan kecerdasan keuangan saya untuk menghasilkan lebih banyak uang.
Dan benar saja setiap kali saya mengikuti suatu seminar, saya seperti terbakar dan bersemangat sekali untuk mendapatkan penghasilan lebih dan lebih. Seminar yang diadakan Purdie E Chandra adalah seminar pertama saya yang membangkitkan saya untuk nekat terjun berbisnis.
Purdie E Chandra mengatakan bahwa  ” bisnis itu seperti masuk ke kamar mandi. Kalau kita mau mandi biasanya langsung masuk saja kemudian secara otomatis di dalam kamar mandi tersebut mulai gosok gigi, sabunan, keramas semua berjalan tanpa di pikir ” . Atau juga Pak Purdie mengatakan “ Jika anda ingin bisa berenang, langsung nyemplung ke kolam renang. Di situlah anda akan berjuang keras bagaimana supaya tidak tenggelam .

Kalau mau bisnis jangan dipikir, langsung terjun. Kalau banyak mikir tidak dimulai-mulai . Hal ini menginspirasi saya, bahwa tidak perlu keahlian khusus untuk memulai bisnis, yang penting langsung TAKE ACTION. Dan saya benar-benar take action, dan semua sembarangan tanpa system, tanpa mikir.

Beberapa usaha yang saya nekat langsung mulai adalah berdagang martabak , ketika itu ayah saya sering membeli martabak di bekasi dan melihat ramainya usaha martabak. Kemudian bersama orangtua dan kakak adik saya kami membangun usaha martabak di depan superindo pulomas.

Nekat ?? ya.. karena kita semua tidak ada yang bisa memasak martabak, kemudian tidak ada yang bisa hitung-hitungan  untung rugi , dan karyawan pun tidak tau harus cari kemana. Tapi dengan tekad membara karena sangat kebelet mau usaha ( kebelet mau punya uang tepatnya..hehe..) semua terjadi begitu saja .

Tiba-tiba kita bisa menemukan pemasak martabak dengan ada yang menawarkan teman tukang martabak langganan saya, lalu teman kuliah saya menawarkan diri untuk delivery order.

Saya keliling-keliling mencari lokasi untuk usaha. Setelah menemukan lokasi, dan langsung mulai usaha, kita tidak pernah tau usaha itu profit atau tidak. Pelanggan kita cukup banyak, karena kakak dan adik saya cukup kreatif, dengan mengadakan undian berhadiah radio, walkman dll. Cukup unik, karena kita sendiri tidak pernah hitung biaya marketingnya, berapa yang keluar tidak pernah tau.

2016-07-24_21-13-38

Dan yang cukup mengherankan martabak saya ramai sekali akan tetapi uangnya tidak ada, arus kas tidak masuk. Sang koki tiap kali bilang uang omzet dipotong uang belanja untuk besok sisanya selalu tinggal Rp 15.000 , kadang Rp 20.000 bahkan satu hari saya bisa tidak bawa uang sepersenpun . Dan itu belum termasuk biaya sewa, 6 bulan berjalan kami memutuskan untuk pindah lokasi karena saya pikir uang untuk sewa di pulomas terlalu mahal, kemudian saya pindah ke lokasi yang benar –benar pinggir jalan yaitu di jatibening.

Dan disinilah saya baru mengetahui bahwa untuk ijin usaha saya harus menemukan beberapa preman disana untuk mendapat usaha ilegalnya. Dan singkat kata saya masuk ke dalam dunia preman. Martabak saya tiap hari diminta dll . Harus pintar-pintar mengatur emosi dengan preman setempat, jika tidak di usir .

Lagi-lagi martabak saya ramai, dengan jurus-jurus marketing saya yang tanpa dipikir. Dan tetap uang yang masuk ternyata sama saja bahkan tinggal Rp 8.000 sisa omzet setelah dipotong uang belanja . Uang terus mengalir keluar dari kantong saya ( tepatnya kantong orangtua saya.. hehe) . Dan saya merasa tidak enak sekali karena bukannya uang masuk malah keluar terus.

Saya coba menyelidiki keanehan ini,dan suatu saat saya ke pasar dan mencoba belanja bahan sendiri, dan ternyata ketahuan disinilah permasalahannya, saya ditipu oleh koki saya sendiri, banyak sekali uang yang di catut.

Tidak lama setelah saya lakukan sidak tiba-tiba saja Koki saya mengajukan pulang kampung dan tentu minta sangu dari saya. Dan bodohnya pula saya tetap kasih sangu . Kemudian koki saya pulang kampung then guess what ?? Selama 2 bulan menghilang koki saya menghilang dan tak bisa di hubungi .

Saya sangat kesal sekali . Dan yang paling mengejutkan adalah 2 bulan setelah menghilang ,  koki saya membuka martabak lagi dengan investor lain persis dijejeran martabak saya seblumnya di jatibening.

Saya sangat emosi dan saya brutal saat itu mendatangi martabak koki saya. Sampai saya hampir dihajar preman setempat, karena ternyata koki saya join martabak dengan preman jatibening tersebut. Oh alah..stress kesal dengki, but show must go on..( butuh duit soalnya boss..)

Saya pun mulai mencari – cari usaha lain . Dalam perjalanan mencari usaha lain ada berita ke saya bahwa  1 bulan martabak koki saya bersama investor lain ( investor preman), sudah tutup. Ternyata preman yang join pun dicurangi oleh koki saya juga  .

Saya sampai ditelpon oleh preman tersebut untuk menghajar koki saya karena ternyata memang koki saya curang. Saya berpikir lucu sekali hidup ini, disatu pihak saya hampir dihajar preman-preman disitu, dilain pihak setelah tau kelakuan koki martabak saya, saya diundang untuk menghajar koki saya tersebut. Saya pikir sudahlah saya sudah mulai dengan usaha saya berikutnya.

2016-07-24_21-18-37

Saya orang yang paling Anti Network Marketing
Saya adalah orang yang paling anti dengan network maketing, entah apa yang dipikiran saya ketika suatu saat tetangga saya datang sekeluarga menawarkan orangtua saya Amway dengan system Network marketing, saya sangat marah ketika orangtua saya bergabung.
Dan parahnya adalah saya pun di paksa untuk bergabung juga oleh orang tua saya. Dan saat itu saya sangat marah dan menyumpahi orang tua saya . “ Saya akan pergi dari rumah kalau mama maksa saya  untuk bergabung!!! . “
Anehnya saya itu tidak tahu apa itu network marketing, saya hanya ikut-ikutan orang lain saja yang anti dengan network marketing.
Alkisah 1 bulan lebih saya sangat marah dan tidak mau tanda tangan staterkit, juga bersumpah tidak akan datang ke pertemuan-pertemuannya.
Hingga suatu saat saya dijebak oleh orang tua saya mengikuti infonite tahun 2005. Saya di duduk-kan di depan. Dan saya mengikuti sampai akhir acara, dan apa yang terjadi saya seperti terhipnotis, dan saya katakan bisnis ini sangat bagus sekali.

Singkat cerita justru saya yang menjadi sangat aktif. Saya presentasi siapapun yang saya temui di kampus, di kantin, dikelas, di lorong kelas, di mobil . hajar habis. Dan pertemuan tidak pernah saya lewatkan.

Dan hinaan pun tak terelakkan, awalnya sangat semangat setelah semakin banyak presentasi semakin banyak yang menghina saya. Dan saya sadar ternyata betapa sulitnya untuk menjadi orang sukses. Tanpa sadar mental saya terbangun, saya menjadi sangat kuat dan baja. Semakin di hina semakin maju melangkah.
Singkat cerita saya mencapai posisi Leaders Club.  Sayangnya saya tidak focus dan saya tergiur dengan banyak network marketing lain, kira-kira saya join ada 26 network marketing termasuk money game .  Dan teman-teman saya sudah hafal jika saya membuat janji , rata-rata mereka langsung menghindar.
Terakhir saya sangat focus di Tianshi mencapai bintang 6. Saya sadar bahwa saya sangatlah tidak focus dengan berpindah-pindah network marketing. Saya sangat salute sekali untuk orang-orang yang sukses di Network Marketing, Karena mereka sangat fokus. Tapi di situ saya benar-benar belajar terlebih dari support systemnya. Penuh motivasi .

Secara jujur usaha-usaha yang saya jalankan sekarang salah satunya adalah hasil ilmu-ilmu yang saya pelajari di network marketing .

2016-07-24_21-14-55

Pelajaran saya di network marketing adalah

  1. Membangun impian
  2. Take Action
  3. Pantang menyerah
  4. Leadership
  5. Dan yang pasti mental baja untuk di hina orang dan maju terus
Dan tanpa sadar jiwa kepemimpinan saya terbentuk dari hasil TAKE ACTION yang saya lakukan di network marketing, bagaimana cara memimpin orang, bagaimana mengenal karakter orang, dan sebagainya. Luar biasa semua menjadi otomatis, sikap positif ini membentuk saya dalam membangun bisnis .
Sikap berani ACTION dan pantang menyerah membuat saya gila memulai banyak bisnis.Tapi saya memiliki kelemahan tidak focus . Dan ini perlahan-lahan saya sadar harus di perbaiki
Paling senang jika presentasi di warung. Bersama 2 sahabat yang selalu join apapun network marketing yang saya tawarkan hehe..
Masa-masa presentasi, saya bersama istri saya berjuang mencari downline..diwarung, di jalan, dikantor..hajarr semua pokoe..hehe

Bersama group di Tiens
Bersama para Leader saya..Salute banget yang sukses di network marketing
Idola-idola saya DI network Marketing : Mr Li Jin Yuan ( pemilik Tiens ) , Pak Eddo (founder Core System ) Pak Trisulo ,( Tiens) Park Erry Prabowo ( Amway )
Sempat menjadi juara di Leadership 101 bersama istri saya.Foto bersama Pak Eddo Founder Core System

“Bermimpilah yang besar ”

Pelajaran tentang mimpi justru saya dapat pertama kali di network marketing. Ketika kita harus mengkhayal dan bermimpi  terkadang ejekan malah datang bertubi-tubi baik dari orang lain maupun teman dekat sendiri. Akan tetapi inilah yang diajarkan orang-orang sukses sebelumnya untuk meraih apapun yang kita mau . Dan semua biografi yg saya baca siapapun .. orang-orang menjadi sukses selalu dimulai dari impian .

Ketika anda berani bermimpi anda akan meraih sukses .. John Maxwell  berkata: ” ”  Bermimpilah yang besar ” ” Ketika anda bermimpi jangan kaget bahwa anda tidak akan meraih semua mimpi anda, akan tetapi jika anda tidak bermimpi maka anda tidak akan meraih apapun ” ( Baca juga  Amazing Juruss !!! )

Kamar saya penuh dengan tempelan impian, Saya tempel ketika saya mulai usaha  jualan martabak , banyak yang menertawakan ini ketika awal saya menempel .. Puji Tuhan Sekarang hampir 65 % gambar yang saya tempel sudah bisa saya capai .
Menjadi AGEN ASURANSI
Bosan dengan network marketing , saya pun daftar menjadi agen asuransi . Saya sudah terbiasa di Network Marketing sehingga tidak pernah menyerah untuk presentasi orang, bahkan urat malu saya sudah putus. Semua orang yang pernah join network marketing saya, saya tawarkan lagi asuransi. Dan yang saya heran kok mereka mau lagi.hehe .
Saya masuk di asuransi Prudential sampai mencapai PUM. Dan seperti biasa saya pindah lagi mencoba bisnis lain. Karena saya sudah banyak belajar saya selalu berusaha menjaga reputasi saya ke semua orang yang saya temui. Teman-teman saya sudah mempercayakan asuransi kepada saya, meskipun saya sudah keluar dari Prudential saya memiliki tanggung jawab moral bagi client-client saya . Dan sampai sekarang jika ada teman mau minta Bantu apa, saya siap membantu menguruskan polisnya.
Teh NUTU DUET MAUT
Karena otak saya kebanjiran seminar, saya pun tak pernah berhenti mencari usaha lain. Karena jaman pacaran dulu saya rajin sekali nonton bioskop di Plaza Semanggi . Dan di situ hampir setiap kali saya beli Teh Tong Tjie . Dan saya pikir asik juga yah kalau punya bisnis minuman ini . Modalnya hanya teh, pembuatan juga tidak terlalu susah.
Tanpa pikir panjang saya langsung membuat gerobaknya, membeli peralatannya di pasar senen, mencari the yang enak ke giant, Carrefour dll. Meracik tehnya bersama pacar saya dulu sekrang sudah menjadi istri . Sampai seminggu full setiap hari.
Dan lucunya ketika gerobak itu jadi , bahan sudah ada, peralatan sudah komplit saya tidak jadi buka , karena saya harus keluar uang 30 juta untuk membuat gelasnya saja. Gelas itu harus dipesan minimal 3.000 untuk gelas yg di sablon printing.
Saya tidak jadi buka bisnis teh  hanya gara-gara gelasnya terlalu mahal . Kalau saya pikir sekarang bodoh banget ya saya, gara-gara gelas tidak jadi buka , padahal dana yang saya keluarkan sudah lebih dari 12 juta, gerobaknya saja 8 juta . Dan ciri khas dan kebiasaan buruk saya itu pun yang membuat saya tidak fokus saya beralih ke network marketing kembali .
Teh nutu duet maut..namanya agak-agak AL4y ya..hehe.. Jangan salah ini bukan dagangan saya. Gerobak ini sudah saya jual sebelum saya buka. Jadi ini sudah milik orang lain, ada di warung komby .Pemiliknya tidak masalah dengan nama Duet Maut Katanya namanya malah unik ..(edann..haha )
BLOOP
Bloop adalah pelabuhan bisnis saya yang sampai sekarang menurut saya paling berhasil. Perjuangannya pun tidak main-main. Dimulai di tahun 2003 bersama teman kampus saya Kiki . Teman saya ini tahu bahwa saya sangat suka sekali berbisnis , hal ini terlihat dengan sangat aktifnya saya di kampus dengan berjualan macam-macam, dan presentasi network marketing.
Dan kebetulan ketika bisnis martabak saya hancur dan bangkrut Juli 2003 itu juga. Saya di ajak kerjasama untuk membuat toko yang ketika itu di sebut distro. Kemudian muncullah Bloop di pondok Kelapa.

Dengan patungan masing-masing hanya 7 juta, kita memiliki kios kecil di pondok kelapa. Kita berpikir dilokasi tersebut ada 2 sekolah besar yang setiap hari melewati toko kami. Kita berdua sudah menghitung – hitung berapa banyak omzet yang akan kita miliki nanti.

Tapi ternyata kenyataan berkata lain, anak-anak sekolah itu lebih senang lewat dan nongkrong saja didepan toko kami. Kami pun gigit jari . Karena makin tidak ada omzet masuk.

Ketika itu karena semangatnya saya untuk tetap melanjutkan usaha ini , saya ceritakan ke orang tua saya dan kakak adik saya, Martin dan Widya . Kebetulan Martin dan Sari ini sangat antusias juga sehingga mensupport semangat saya. Terlebih kedua orang tua saya.

Hingga suatu ketika ayah saya menemukan lokasi di Tebet. Tempatnya kecil sekali, didepannya digantung tulisan di kontrakkan dengan berlandaskan triplek rusak, dan tulisan yang tidak begitu jelas. Lalu kami mencoba datang ke lokasi dan mulai melihat kedalam dan , memang bangunannya sangat hancur sekali.

Saya ingat betul ketika itu sewanya baru 21 juta. Dan dengan semangat membara kita Pede sekali dan membuka 2 toko sekaligus di Pondok Kelapa dan Di Tebet. Yang di pondok kelapa aja belum untung, kok malah buka baru di Tebet saya pikir.Hingga akhirnya dengan modal buat display saat itu 30 juta sehingga digabung sewa modal kami hanya 51 juta. Toko pun dibuka.

Problem berikutnya adalah masalah barang. Kami sudah keluar banyak dana, tapi bingung bagaimana mengisi toko kami ya, siapa yang mau mengisinya ? Singkat cerita Kami pede mengundang teman-teman yang punya clothing kecil-kecilan untuk datang ke tebet dan kita jamu makan dan minum.
Kepercayaan diri kami bertambah karena yang datang banyak sekali , lebih dari 30 orang. Kita bercanda ketawa dan pokoknya hepi banget. Karena kami pikir lebih dari 30 orang , wow toko Bloop pasti akan penuh sekali barang.
Hingga esok harinya ketika kami siap buka, kami kaget bukan main, ternyata kawan-kawan kami hanya memiliki produk paling banyak 6 pcs , bahkan ada yang belum buat sama sekali hahaha. Kacau, kacau, mayday, mayday. Toko Bloop pun begitu di buka langsung tutup lagi selama seminggu . Kita putar otak ,masa mau nunggu kawan-kawan produksi dulu, nah iya kalau produksi, kalau tidak piye ??
Sampai akhirnya kakak dan adik saya, Martin dan Widya terlintas ide untuk membeli barang-barang dari Bandung saja, kemudian harganya kita naikkan Rp5.000. Dibantu teman saya Christ kami berkeliling Bandung untuk membeli barang dari masing-masing toko.
2016-07-24_21-19-32
Saya ingat sekali uang yang dibawa ke Bandung adalah 2,5 juta. Dan saking takutnya uang itu diumpatin di bawah keset mobil. Hehe. Dan  ketika sampai di Bandung mulailah pencarian dari toko ke toko saya ingat sekali barang yang saya beli pertama kali adalah Ouval Research, Airplane dan Cosmic .
Sambil menawar diskon kita juga promo toko kami dengan membawa fotonya dengan harapan nanti beliau mau konsinyasi di toko Bloop. Selesai belanja kami pulang dan cukup sedih juga , ternyata uang 2,5 juta hanya dapat sedikit sekali barang.
Show Must Go On , Toko harus tetap dibuka. Walaupun barang sedikit. Kami mengakali toko kami dengan mempersempit ruangan. Jadi bagian tengah kami tutup triplek dan di hias jadi seolah-olah toko kami full dengan barang, padahal memang tokonya kecil hehe. Dan tak disangka tak dinyanya setelah seminggu sambutannya bagus sekali dalam 3 hari barang habis. Bahkan banyak pesanan ukuran .
Dan mulailah usaha kami berjalan. Kami jadi lebih sering bolak balik bandung , bahkan hampir 2 hari sekali , Tujuannya adalah ketika 2 hari barang habis, keesokan harinya sudah datang barang baru lagi.

Bagaimana caranya mengakali supaya barang langsung bisa didisplay di toko sepulang dari Bandung ? Yang kami lakukan adalah kami berangkat ke Bandung sepulang belanja, di mobil kami kerja keras menempelkan label harga baru bahkan sudah di hanger sekalian sehingg sampai toko langsung display.

Hal ini berlangsung sampai 3 bulan lamanya. Sehingga aruskas kami banyak masuk, dan bahkan sekarang suplierpun datang secara sukarela menawarkan titip barang.

Dulu boro-boro minta supplier isi barang, diminta saja sulit. Ada pengalaman saya di hina oleh supplier ketika saya minta isi barang di toko Bloop, dia bilang “ toko loe kaya apa sih, masih sepi yee , sori kalau sepi gue ga mau., nanti kalau sudah ramai loe bisa telpon gue lagi “ Sakit hati, gondok ,kesal bercampur aduk tapi semua itu sudah saya lewati.

Bahkan ketika Bloop sudah berjalan bagus dan ramai, teman saya masih ada saja yan menghina  saya  “ Ber, bisnis distro kaya begini paling 3 tahun juga tutup..” Saya kala itu tidak mau menjawab. Yang saya pikirkan adalah bagaimana menunjukan ke teman saya bahwa bisnis ini bisa berjalan .Dan Puji Tuhan semakin hari bisnis ini semakin baik .
Sejarah awal Bloop  awal Bloop sebelum pindah.. Berjejeran dengan DeJons Burger ..waktu sewa pertama kali hanya 21 juta/tahun
Bloop dulu hanya rumah biasa yang tidak dijual atau disewakan.. kemudian karena mendesak harus pindah mulai melobby si empunya rumah untuk boleh disewakan ..
Suasana lebaran : jumlah pengunjung 11.000 orang dengan sistem yang baik mampu mengatasi padatnya pengunjung

Menjadi Toko favorite Trax FM
ENDORSE
Ketika Bloop berjalan kami mulai membangun usaha  kami yang kedua yaitu Endorse. Tapatnya di seberang Bloop persis, karena Toko Bloop yang kecil tidak bisa menampung konsumen lagi. Puji Tuhan semua berjalan dengan baik, sampai suatu ketika saya dapat memindahkan Bloop ke lokasi yang lebih besar lagi di jejeran Tebet Utara Dalam .

Yang menjadi menarik adalah ketika saya baru buka Bloop pertama kali jalanan Tebet Utara Dalam itu sepi bak kuburan, Bahkan Seminggu ketika pertma kali saya buka Bloop, sambil jaga kasir saya bisa main Winning Eleven dengan karyawan dan teman saya sambil nunggu konsumen karena saking sepinya.

Dan yang terjadi sekarang adalah Tebet Utara Dalam seperti mendapat serangan, 9 Distro muncul secara bergantian di sepanjang jalan tersebut. Awalnya saya kesal. Rasa kesal saya terobati dengan masuknya 9 distro tersebut justru meningkatkan omzet saya  menajadi 2 x lipat.

Dan saya mikir emangnya jalan Tebet Utara Dalam punya nenek saya, larang-larang orang jangan buka disitu haha . Sekarang saya malah bersahabat dengan para pesaing saya, bahkan ketika sale pun kami berbarengan kami saling support, karena ornag menjadi focus ke Tebet Utara Dalam ketika ingin mencari baju dan kongkow-kongkow

Sejarah awal Endorse.. setelah seminar Purdie Chandra..kami benar-benar nekat pinjam uang bank diatas 1 M untuk beli rumah ini..Tidak pakai perencanaan, tidak ada business plan, tidak mikir rugi,..pokoknya nekat hehe
The Moffats pun pernah ke Endorse ..The Moffats ini kemudian mengganti nama dengan nama Same-same … Kenapa juga namanya same-same ya..hehe
URBIE JATIWARINGIN
Usaha kami perbesar dengan mebuka Urbie di Jatiwaringin tahun 2010 , Puji Tuhan mebuka Urbie ini jauh lebih mudah dibanding sebelumnya, Karena sudah mendapat kepercayaan maka banyak  supplier menawarkan diri untuk membuat display sendiri-sendiri dan yang pasti ini akan mengirit biaya renovasi saya. Terima kasih banyak untuk para supplier yang mensupport Toko Kami.
Saat launching Merchandise dan komik Naif di Urbie
BABO – 8480

Babo adalah proyek pribadi saya untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Awalnya lahirnya Babo adalah saya melihat rekan-rekan supplier mendapatkan hasil yang besar dari toko Bloop itu sendiri ada yang 30 juta, 50 juta, bahkan ada yang omzetnya 100 juta ketika lebaran. Hal ini membuat saya ngiler juga. Lalu dibuatlah Babo atau istilahnya 8480.Alasan lain adalah saya mau menuangkan ide pribadi saya kedalam Babo ini. Ide saya ditolak oleh Martin dan Widya, ,karena memang jaman dulu setiap saya disain itu kurang bagus, saya bukan orang seni berbeda dengan Martin dan Widya yang sangat kreatif.

Awalnya disain babo saya memang tidak laku, karena pakai disain saya sendiri. Untung yang gak laku Babo bukan Bloop-nya hehe . Setelah itu saya putar otak saya gunakan Jurus Purdie Chandra yaitu BOTOL ( Berani Optimis Tenaga Orang Lain ) & BODOL ( Berani Optimis Duit Orang Lain )

Saya gunakan Tenaga Orang lain yang kreatif untuk mendisain Babo dan juga saya gunakan investor untuk menyokong Babo lebih besar lagi omzetnya. Dan Puji Tuhan sekarang Babo berhasil dengan baik. Bahkan hasil dari Babo bisa membayarkan saya ziarah dan jalan-jalan keliling Eropa seperti Belanda, Inggris, Belgia, Portugal dll, hanya dari hasil Babo-nya saja hehe.

contoh produk 8480 / babo
DEJONS, RESTORAN  BEBEK GINYO
Usaha berikutnya makin menggila kami mencoba peruntungan di Restoran yang satu Dejons Burger, satu lagi restoran Bebek Ginyo. Masalah pun banyak dihadapi, tapi kami benar-benar sudah sangat biasa mendapat masalah jadi sudah kebal. Mengurus Restoran ini jauh lebih sulit dari pada mengurus distro, karena jumlah karyawan yang banyak, dan ini berkaitan dengan taste. Berubah sedikit customer marah-marah.
Yang kami lakukan adalah membentuk Tim yang tepat dengan orang-orang yang tepat. Puji Tuhan semua berjalan lancer, sampai kami membuka Restoran Bebek Ginyo Kedua kami Di Bintaro
De Jons ketika diliput SCTV
Ginyo ketika dikunjungi Pak Bondan
Kesimpulan :
Hal-hal diatas adalah aplikasi IQ Keuangan 1 : Menghasilkan Lebih Banyak Uang Dan Yang saya lakukan adalah Take Action sebanyak-banyak mungkin untuk mendapatkan arus kas tambahan.
Entah bisnis itu gagal atau berhasil, saya tidak peduli, yang penting saya Take Action terlebih dahulu.
Bagi saya Take Action itu adalah segalanya, Take Action itu No 1 yang harus saya lakukan,berbagai  permasalahan kita perbaiki nanti ketika sudah dimulai. Karena ketika kita banyak berpikir di pastikan anda tidak akan pernah memulai .

Saya pernah bekerjasama dengan beberapa orang  dalam membuat bisnis, rekan saya tiap hari minta itung-hitungan yang jelas, proyeksi kedepan , hitungan jika rugi berapa harus ditanggung, jika untung akan berapa lama balik modal.

Waduh saya minta maaf saya tidak bisa. Modal saya adalah action, kepercayaan dan keberanian . Ketika rekan saya mengatakan siap dengan kepercayaan saya dan ketika sudah mulai baru saya buat hitungannya. Karena menurut saya kalau mengajak kerjasama orang lebih baik yang sama-sama memiliki mental Take Action .

Karena ketika di awal sudah banyak bertanya, percaya sama saya dalam perjalanannya kita akan dipusingkan dengan berbagai pertanyaan lanjutan. Padahal focus kita adalah mulai terlebih dahulu .

Dan Puji Tuhan beberapa investor  yang mempercayai saya selama ini semua pembayarannya lancar, dan bisnis jalan terus. Memang tidak semua untung, akan tetapi dengan modal kepercayaan kita sudah curi start mulai lebih cepat dibanding harus banyak memulai analisa terlebih dahulu .

Bob Sadino dengan jawaban sederhananya.
Pada akhirnya memang analisa itu penting, saya akan jabarkan pengalaman saya bersama Action Coach yang telah membuat usaha saya maju pesat dngan system analisa keuangan yang baik, dan tim yang baik.
Akan tetapi point saya adalah Jika mau bisinis ikutilah cara orang-orang yang sudah sangat sukses sebelumnya. Bob Sadino pengusaha Kem Chick ,dan property yang sukses, Purdie E Chandra pengusaha Primagama yang menjelajah seluruh antero nusantara, dan Brad Sugar memiliki ribuan bisnis yang sangat sangat sukses dan mendunia. Mereka semua memiliki prinsip yang sama yaitu TAKE ACTION !!!

Aplikasi : IQ Keuangan 2 : Melindungi Uang Anda

 

Bagaimana saya melindungi uang saya ?
Jika Kiyosaki mengatakan dalam bukunya “ Increase Your Financial IQ “ orang yang memiliki IQ keuangan #2 adalah yang bisa membayar pajaknya lebih sedikit dripada orang lain. Ini bukan berarti tidak bayar pajak yah..hehe..Maksudnya adalah ketika anda karyawan anda akan membayar pajak penghasilan lebih tinggi dibanding ketika anda menjadi pengusaha .  Bahkan seblum uang pajak itu sampai ke anda sudah dibayarkan oleh perusahaan ke kantor pajak dengan memtong gaji anda .
Karena itu saran Robert Kiyosaki adalah jadilah pengusaha.

Dalam kaitan melindungi uang ini saya lebih cenderung menyelamatkan diri saya dari segala badai yang akan terjadi yang tidak akan pernah kita duga sebelumnya. Yaitu sakit keras,kecelakaan dan lain-lain. Menurut saya sebagai pengusaha kita ajib mengambil asuransi, kecuali jika uang anda sudah sangat sangat sangat berlimpah, karena anda bisa membayar penyakit anda dengan uang tersebut.

Akan tetapi untuk pengusaha yang baru mulai asuransi adalah hal yang sangat penting. Saya tidak kebayang seandainya saja saya kena jantung,atau tumor atau kanker yang harus menghabiskan ratusan juta bahkan milyar. Jika saya tidak asuransi, uang yang sudah saya kumpulkan dengan keringat dan darah bertahun-tahun atau bahkan berpuluh-puluh tahun akan lenyap dalam sekejap untuk menutupi biaya penyakit kita.

Syukur jika kita tidak punya hutang, nah jika kita masih punya utang dengan investor dan kita menggunakan uang investor, ini akan sangat berabe.Dan kemungkinan investor anda akan lari dari anda.Bukan saja kepercayaan hilang, harta andapun akan habis bis.., dan bagaimana nasib staff toko kita, bagaimana nasib anak istri kita. That’s Why kita sangat butuh asuransi .

Pengusaha baru butuh asuransi, karena tidak ada yang jamin
Ayah saya pernah berkata kepada saya ketika saya memulai bisnis pada tahun 2003 “ Berto, siapapun yang nawari kamu asuransi, kamu harus langsungambil, tanpa banya berdebat.!! ‘ Saya pikir ini apa toh, saya harus ambil tanpa banya bertanya bahkan berdebat.
Akhirnya saya tau bahwa seorang pengusaha tidak ada yang menjamin, yang menjamin harus dirinya sendiri. Jadi ketika terjadi sakit keras, asuransinya lah yang akan membayar. Sampai sekarang saya memiliki 15 asuransi yang berbeda beda. Ini akibat akumulasi dari tahun ke tahun setiap orang yang menawarkan asuransi ke saya semua saya ambil.
Aplikasi : IQ Keuangan 3: Menganggarkan Uang Anda
IQ Keuangan #3 ini adalah kecerdasan keuangan favorit saya. Mengapa favorit ?? Karena ternyata selama 7 tahun usaha saya tidak pernah tahu rahasia ini dan tidak pernah menganggarkan uang saya. Inilah salah satu rahasia orang kaya semakin kaya mereka menganggarkan uangnya.
Apa yang harus dianggarkan ?? yaitu uang kita. Pernahkah kita menganggarkan gaji kita selama ini. Contoh ketika gaji masuk 2 juta . Kira-kira untuk nabung berapa yah, untuk derma berapa, untuk beli odol, sikat gigi berapa, untuk bayar kartu kredit berapa ?
Atau anda tipe orang yang begitu gajian ya sudah let it flow saja. Ada uang yah buat beli odol, kalau masih sisa ya buat bayar kartu kredit, kalau kurang ya pinjam uang teman. Untuk nabung nanti-nanti dulu dah. Masa Depan is Masa Depan. Yang penting adalah sekarang. Apakah anda sering dengar pernyataan itu. Atau jangan-jangan anda sendiri yang mengucapkan itu..hehe..
Jika iya itu anda, artinya anda sama dengan saya. Jaman dulu ketika saya belum baca buku “Increase Financial IQ “ waduh ampun deh,setiap ke Carrefour , Giant, Senayan City, Plaza Senayan habis itu kartu kredit saya gesak-gesek, bahkan kartu kredit saya sudah lecek.Mengapa lecek..karna saking seringnya dipakai haha. Utang numpuk gila-gilaan , bayarnya pun  bingung, saya bilang masa depan is masa depan, yang penting bayar utang dulu.

Bagi saya kepercayaan itu no 1 .Supaya anda bisa dipercaya oleh siapapun , ketika punya utang bayarlah terlebih dahulu. Untuk itu saya selalu menjaga kepercayaan dari bank maupun dari investor untuk selalu membayar bunga  dan utang tepat pada waktunya.

Saya punya problem besar ketika tidak sadar saya terus menerus menambah kartu kredit sampai utang membludak Tetapi setelah baca buku Robert Kiyosaki saya mendapat pencerahan besar-besaran. Hal pertama yang harus saya lakukan adalah bagaimana memangkas kartu kredit saya.
Saya punya 8 kartu kredit dan 5 diantaranya menembus limit 30 juta. Saya pun mulai menggunting kartu kredit saya. Mengapa digunting ? Bukan karna tidak mau bayar loh hehe, akan tetapi supaya kartu kredit itu tidak bisa dipakai.

Dari 8 kartu kredit 5 sudah lunas, kini tinggal hanya 3 kartu kredit tersisa. Dan saya menggunakan cara Robert Kiyosaki cara memangkas kartu kredit . dan IT WORKS !!! ( cara memangkas kartu kredit ada pada arsip cara keluar dari jebakan kartu kredit )

Kemudian yang kedua yang harus anda lakukan adalah memaksakan 30 % uang anda untuk di investasikan. Dan 70 %nya jika masih tidak cukup emenuhi kebutuhan sehari-hari anda. Anda harus mencari penghasilan tambahan .
Saya sudah melakukan ini saya paksakan 30 % penghasilan saya untuk investasi. Yaitu saya mulai menabung emas, saya mulai menabung untuk dp apartment yang segera disewakan,saya mulai menanam uang disaham jangka panjang dengan ikuti jurus Warren Buffet . .
Dan memang betul 60 % sisanya tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari hari saya karena saking banyaknya utang kartu kredit saya , masih terjadi kekurangan yang besar saya putar otak dengan mencari penghasilan tambahan, yaitu dengan cara memperbesar omzet babo ( clothing pribadi saya ) , dengan melakukan garage sale, menjual barang –barang pribadi saya, kemudian saya bermain options di thinkorswim.
Dan yang terpenting adalah tidak menggesek kartu kredit lagi. Segala pembayaran sebisa mungkin saya lakukan dengan cash agar tidak menumpuk hutang . apapun saya lakukan agar menambah penghasian dan tidak meminjam uang Bloop lagi.
Dan apa yang terjadi sekarang ? Perjuangan memaksakan 30 % penghasilan saya untuk membentuk asset membuahkan hasil. Investasi emas saya numpuk,harga saham saya bagus dan saya mendapatkan dividen karnanya, saya juga bisa beli apartment Sudirman Park dan Kuningan City yang siap untuk disewakan, kartu kredit saya tinggal 2 utang saya berkurang dan sekali lagi ilmu Robert Kiyosaki IT WORKS !!!Dahsyat Luar biasa !!
2016-07-24_21-09-09

 

 

Aplikasi : IQ Keuangan 4 : Menggunakan Leverage atas uang anda

 

Supaya bisnis dapat berkembang cepat seperti kata Kiyosaki dan Purdie Chandra ..harus menggunakan leverage atau pengungkit. Untuk Leverage ini saya menggunakan OPM ( Other People Money ) Karena saya memiliki keahlian dalam berdagang baju, untuk memperbesar penghasilan saya gunakan investor dan juga Bank. Dan hasilnya memang luar biasa Puji syukur dari hasil hutang itu saya putar terus dan terus ..sehingga usaha saya berkembang menjadi 7 unit . Hal ini tidak akan terjadi jika saya tidak meminjam uang ke bank atau investor .

Aplikasi : IQ Keuangan 5 : Meningkatkan informasi keuangan anda

Kecerdasan Financial Ke- 5 ini sangatlah penting sekali, karena kata Robert Kiyosaki yang membuat anda kaya adalah kecerdasan anda tentang mengatur uang , jadi untuk bisa menjadi cerdas memang harus banyak baca buku , ikut seminar – seminar . Saya sudah sejak jaman network marketing sudah gila namnaya seminar, mulai dari seminar kepemimpinan, seminar keuangan, seminar kepribadian, sampai dengan seminar saham, dan options semua saya lahap . Seminar saham ini yang saya ikuti bertubi-tubi terakhir-terakhir inimuai dari Lumen capital, Abraham Lembang, Stocksforliving , terakhir Dewaoptions .

bersama  Pak Tatang pemilik  dewaoptions.com .. guru saham yang terang-terangan paling berani membuka account-nya didepan orang banyak

Kadang-kadang saking banyaknya seminar dan workshop yang saya ikuti membuat saya klenger total hehe.. Akan tetapi hasilnya membuat saya sangat bersemangat , dan yang pasti jadi lebih berhati-hati mengatur uang, termasuk sekarang saya wajib harus mengumpulkan asset, dan menghapus hutang kartu kredit saya.

Ketika mengikuti salah satu workshop saham
Buku – buku favorite saya dari Robert Kiyosaki

Seorang pengusaha harus memiliki mentor untuk bisa memotivasi menjadi lebih gila dan lebih cerdas lagi dalam mengembangkan bisnis ,inilah yang dikatakan orang-orang sukses yg pernah saya temui . Oleh karna itu saya pun punya mentor dan idola yang menginsiprasi saya yaitu :

1. Ayah saya sendiri ( mempensiunkan diri sebelum di pensiun karna menjadi wiraswasta )

2. Robert Kiyosakit

3. Brad Sugar dari Action Coach

4. Yohanes Pauly best Coach dari Action Coach

5. Purdie E Chandra pemilik Rntrepreneur Univesity

6. Bob Sadino

7. Tung Desem Waringin

Brad Sugar Founder Action Coach
Bob Sadino
Purdie E Chandra

 

 

Alasan Mengapa memilih usaha ini ?

  1. Karena sulitnya mencari pekerjaan
  2. Bisnis baju berkembang, kebutuhan primer, semua orang akan perlu baju seumur hidupnya
  3. Hobby berbisnis

2016-07-24_21-08-06

Saya bersyukur dengan apa yang saya dapatkan :

Saya bersyukur karena Selain materi ada yang lebih membahagiakan dengan hasil yang saya dapat dari usaha ini yaitu secara tidak sadar saya bersama-sama teman saya ada kira-kira 300 suplier anak muda..yang bisa mendapat penghasilan bersama-sama di sini…
Saya bersyukur karna teman-teman saya mensupport dengan mau mengisi produk di Bloop. Bahkan beberapa dari mereka tidak pernah merasakan bekerja di kantor, karena sudah nyaman dengan usaha mereka .

Selain 300 suplier juga lahir vendor-vendor baru yang membuat produksi dari 300 suplier tersebut

Bersyukur karena jl Tebet Utara Dalam sekrang penuh dengan toko baju, restoran dll, sehingga dari situ banyak sekali orang mendapat penghasilan dari tukang parkir, warung rokok , jual pulsa dll.

Saya bersyukur dengan memperbolehkan karyawan ikut juga belajar berbisnis, sekaligus praktek..beberpa karyawan Bloop telah berhasil membeli rumah , mobil, tanah, dari usaha mereka sendiri setelah belajar di Bloop . Bahkan penghasilan mereka dari usaha mereka telah jauh melewati gaji mereka sendiri di Bloop .Saya bahagia sekali karena mereka bisa sukses dan berhasil

Staff Bloop Endorse .. beberapa sudah memiliki usaha sendiri dan mandiri

Saya bersyukur dengan usaha saya. saya bisa berkenalan dengan teman-teman artis bahkan beberapa berbisnis bersama saya.

Kunjungan David Naif, Ukie & Ariel Peterpan.. Makan bebek ginyo bersama Tora Sudiro dan Piyu Padi
Ronald Disko, Christian Sugiono, Vino G Bastian, dan Mario
Bersama Avanti Fontana
Berto Majalah Pengusaha

Berto Majalah Pengusaha

Berto @Majalah Pengusaha

Berto @Majalah Pengusaha

 

 

soft opening dejons Steak Januari 2013

soft opening dejons Steak Januari 2013

2016-07-24_21-06-49
Saya orang yang sangat senang sekali mencoba hal yang baru dan langsung mulai Take Action, Hal terakir yang saya tekuni adalah membuat Blog ini dan ingin memperbesar Toko Online Saya www.bloopendorse.com..
Untuk itu saya belajar bisnis internet dan bergabung dengan sekolah online terbaik.

Demikian sekilas profil saya yang digabungkan dengan aplikasi jurus Robert Kiyosaki dalam bukunya ” Increase Your Financial IQ ”  semoga teman-teman selalu sukses terus ..Jika ada salah kata sekiranya di bukakan pintu maaf ..
Beberapa bisnis terakhir yang saya geluti dan it’s work  :

1. Komunitas internet marketing : http://sb1m.net
3. Smart Detox Center : www.smartdetox232.com
4. Program Pelangsing Smart Detox : www.smartdetoxsynergy.com
5. Eat happens : http://eathappens.com
6. BEbek Ginyo : http://bebekginyo.com
Bisnis Smart Detox ini telah membawa saya dan keluarga ke banyak perjalanan luar negeri 🙂
Puji Tuhan Alhamdulilah Tahun 2013 ini saya membangun Sekolah Bisnis ONline .. Sekolah yang akan membawa Pesertanya mendapatkan 1 Milyar sebulan dari Bisnis Online Dropship Weight Loss — > klik www.SekolahBisnis1Milyar.com
Screen Shot 2013-12-04 at 12.27.06 AM

Salam Sukses GBU = )