cara membuat gula merah dari kelapa sawit dalam 9 menit

Mau tau cara membuat gula merah dari kelapa sawit dalam 9 menit . ini dia caranya yuk tonton video dibawah ini :

cara-membuat-gula-merah-dari-kelapa-sawit

 

Ini dia Bahan dan alat yang diperlukan
1. Bahan
– persiapkan Nira Kelapa Sawit

– jangan lupa Gula Putih nya yaa …
– Kapur Sirih
– Batang Pohon Nangka Kayu Bakar

2. Alat-alat
– alat potong seperti pisau
– Wajan /Kuali Besar
– Bambu (cetakan)
bagaimana cara mendapatkan  Nira Kelapa Sawit ? 
kita bersihkan pucuknya   dengan menggunakan pisau  setelah kelihatan umbutnya kita ambil kampak  yang runcing lalu dipotong tipis hingga mengeluarkan air. Setelah keluar airnya lalu kita tampung dengan jerigen 5 liter.
Pemotongan dilakukan sore dan pagi hari terus dilakukan sampai umbut tidak dapat menghasilkan air. Dalam satu (1) batang kelapa sawit dapat menghasilkan 10 liter nira satu hari satu malam. Untuk menjaga agar air nira yang dihasilkan tidak basi dan kental dalam jerigen diberikan air rendaman kapur sirih dan hati batang nangka. Dalam setiap jerigen diberikan 10 ml atau 2 sendok teh air rendaman kapur sirih tadi. Air nira diambil setiap pagi dan sore kemudian dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kuali besar dan siap untuk dimasak.
Cara Pembuatan Gula Merah
Setelah air nira kelapa sawit dikumpul lalu dimasukkan ke dalam kuali besar yang dapat menampung lebih dari 20 liter air nira maka siap untuk dimasak (rebus). Pemasakan dilakukan selama 4 – 5 jam di tandai dengan mengentalnya nira dan warna menjadi merah. Untuk menjada agar cepat keras dilakukan tambahan gula pasir sebanyak 1 kg untuk 20 liter air nira.
Gula merah yang dihasilkan dalam 5 liter air nira akan menghasilkan 1 kg gula merah. Setelah nira sudah mengental dan warna menjadi merah maka siap untuk dicetak dengan berbagai ukuran. Pencentakan dibuat dari batang bambu atau bahan lainnya sesuai selera. Pencetakan dibiarkan selama 5 menit maka sudah mengeras maka gula siap untuk dipasarkan.
sumber : berbagai sumber

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares

Halo! Klik salah satu CS dibawah untuk melakukan chat via WhatsApp.